Wednesday 14 December 2011

Diuji Kesabaran di Jalan #gethomesafely

Sebagian orang lebih memilih menggunakan motor dibanding mobil. Walaupun kalau hujan pasti bakal kehujanan, tapi menggunakan motor lebih praktis dan lebih cepat sampai tujuan. Apalagi di kota besar, sering macet, motor akan lebih gesit, mencari jalan jalan kecil diantara mobil. Ya karena itulah, kebanyakan prinsip pengguna motor "Gw pake motor, harus bisa lebih cepat dari mobil". Tidak salah memang memakai prinsip ini, tapi pengguna motor sekarang jadi malah memiliki sifat TIDAK SABAR.

Sebagai contoh. Saat lampu merah, seharusnya kendaraan berhenti di belakang garis zebra cross. Aku yang tinggal di kota kecil, masih bisa menemukan hal yang seperti itu di kota kelahiranku. Tapi di kota besar, seperti Jakarta misalnya, sayangnya kebanyakan kendaraan khususnya kendaraan roda dua atau roda tiga, nekat maju ke depan melebihi garis zebra cross. Entah spacenya kurang, pengendara buru buru, pengen duluan, tidak sabar atau gimana aku juga tidak mengerti. Tidak bahaya? Pikirlah sendiri manfaat berhenti di belakang garis zebra cross ini. Pengendara tidak ada yang masih bayi kan.

Pengendara berhenti di belakang garis zebra cross di kotaku. Kotamu?
Contoh lain. Semua pasti sudah tahu, lampu lalu lintas disediakan untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan. Kebanyakan ada di persimpangan jalan, pertigaan jalan, atau jalan jalan yang bercabang lainnya. Pengendara hanya diminta untuk sabar menunggu lampu lalu lintas sampai lampu warna hijau muncul. Tapi kenyataannya yang saya rasakan jika pergi ke kantor pagi hari, tidak seperti itu. Lagi lagi pengendara tidak sabar, nekat maju sebelum lampu berwarna hijau. Yang paling mengesalkan kalo saya tetap diam, tidak beranjak maju mengikuti pengendara yang "melanggar", saya akan tetap di klakson. Oke, kita semua buru buru masuk kantor, tapi mending mana, di omelin atas karena telat, atau tergeletak tak berdaya di rumah sakit.

Intinya mah kalau mau jadi pengendara itu memang harus sabar. Walaupun kita dalam keadaan buru buru, terdesak atau apapun, alangkah baiknya kalau kita tetap sabar. Keselamatan diri sendiri lebih penting dibandingkan apapun. Yang penting selamat sampai rumah.

Janganlah kamu membunuh dirimu
#gethomesafely

No comments:

Post a Comment