Sunday 19 February 2012

Bandung - Lempuyangan *17 hours or 11 hours*

Kota itu tak berenti kudatangi. Masih dengan kota yang penuh kenangan. Sendirian, berdua, bahkan saat teman sekelas mengajak liburan ke kota itu, saya kesana.

Cerita ini berawal saat liburan natal dan tahun baru 2010. Di kampus kami saat itu libur hingga 2 minggu. Tercetuslah pikiran kalau mau berlibur di Yogyakarta. Berbekal uang dan pengalaman seadanya, maka kami berangkat naik kereta ekonomi (saat itu masih berdesak2an) dari Stasiun Padalarang.
Stasiun Padalarang terletak di kota Cimahi, bukan lagi termasuk dalam daerah kota Bandung. Karena letaknya yang sangat jauh itu, kami menggunakan kereta KRD dari stasiun Bandung. Ini pertama kalinya saya menggunakan kereta KRD dan rasanya memang sebanding dengan harga yang saya keluarkan untuk naik kereta ini. Kami pergi dari stasiun Bandung pukul 14.00, kami memang sengaja berangkat lebih awal agar tidak ketinggalan kereta ekonomi yang menuju Yogya, sebenarnya kereta itu berangkat pukul 20.00 dari stasiun Padalarang. Selama perjalanan menuju stasiun Padalarang, banyak orang berjualan di dalam kereta. Dari buah-buahan, alat kosmetik, mainan anak2, dll, bahkan ada juga jasa yang membersihkan kereta, tidak ketinggalan pula para pengamen, mulai dari yang buta hingga yang banci. Kereta berubah menjadi pasar. Prok prok prok.
Sesampainya di Padalarang, kami langsung membeli tiket kereta ekonomi. Murah, murah banget! Perbandingan antara kereta bisnis dan ekonomi bisa dibilang jauh. Harga kereta bisnis bisa 5x dari harga ekonomi. Padahal fasilitasnya kurang lebih.
kereta kahuripan yang masih kosong *gita
Berjalan seperti rencana semula, karena kami pergi terlalu awal, maka kami sempatkan untuk berpoto2 dulu di stasiun padalarang. Pada pukul 17.00, kami masuk ke kereta. Karena masih kosong, kami bisa memilih tempat sesuka kami.  Kapan saja boleh masuk ke kereta, asalkan memang itu kereta yang akan digunakan, kalau tidak nanti bisa salah kereta dan salah tujuan.

menunggu senja di stasiun padalarang *farid
Pukul 20.00 kereta pun dijalankan. Kereta sudah penuh dengan orang2. Beruntung kami memiliki tempat duduk, sebagian orang ada yang berdiri, ada yang duduk di lantai tapi tidak sampai duduk di atas kereta. Semakin jauh kereta berjalan, semakin banyak pula orang2 yang masuk. Selain penumpang ada juga yang berjualan. Semakin sumpek saya rasa. Dari kota bandung yang dingin berubah menjadi hareudang (baca: sumuk, panas). Fasilitas kereta ekonomi memang kurang lebih dengan kereta bisnis, tapi mungkin ini yang jadi perbedaannya, kalau dikereta ekonomi, penuh orang hingga orang mau lewat pun bisa susah. Kami pun tidur bergantian, harus ada yang memperhatikan barang bawaan, jika tidak bisa2 kecurian karena banyak orang yang lalu lalang di dalam kereta itu.

Subuh pun tiba. Jam di tangan menunjukkan pukul 05.00 pagi, saatnya kami bergantian menunaikan ibadah sholat subuh. Terlihat Ajab, Widya, Farid, dan Gita sudah tidur pulas, saatnya bergantian tidur dengan kami yang sudah tidur pulas semalam. Hingga kira2 pukul 07.00 kereta yang kami tumpangi melewati stasiun tugu yang merupakan stasiun besar kota Yogyakarta. Berarti sebentar lagi kami akan sampai ke tujuan. Touchdown Stasiun Lempuyangan.

Stasiun Lempuyangan
Biaya perjalanan:
KRD Bandung-Padalarang : Rp. 1000
Kereta Ekonomi ke Yogya (Kahuripan) : Rp. 27.000

No comments:

Post a Comment