Saturday 28 July 2012

Wisata Dalam Kota Yogyakarta

Yogyakarta (yang menurut saya sebagai kota kenangan) memiliki struktur kota yang lumayan apik, rapi, dan beraturan. Saya yang sudah pernah kesana beberapa kali pun merasa masih ada yang kurang jika tidak mengunjungi kota itu lagi. Mungkin jika saya bisa tinggal disana, saya baru bisa merasa puas. Just because tempatnya nyaman, orang orangnya juga ramah, tidak terlalu padat kayak Jakarta, and absolutely banyak tempat menarik a.k.a tempat wisata yang bisa dikunjungi disana.

Tempat wisata di dalam kota pun juga sudah (bisa dibilang) banyak, tidak bisa dijajal hanya dalam sehari saja. Itu juga bergantung dengan cuaca maupun sikon yang mendukung.
Di dalam puing taman sari *Awo, didi, tuning, ane, sadam*

Ada tempat yang sudah saya kunjungi di kota itu. Taman Sari. Berada di dekat keraton Yogyakarta. Saya kesana bersama teman teman saya Eko, Awo, Didi, Sadam, dan Tuning. Disana ada yang namanya "Segaran", seperti danau buatan gitu, hanya tempatnya sekarang berubah menjadi pemukiman penduduk. Di tengah-tengah Segaran terdapat pulau buatan yang dinamakan Pulo Kenongo. Di sebelah selatan Pulo Kenongo ada pulau buatan (lagi) yang disebut Pulo Cemethi. Sementara itu di sebelah barat Pulo Kenongo ada bangunan yang dinamakan Sumur Gemuling. Kita hanya bisa melewati terowongan bawah air untuk masuk ke dalam bangunan tersebut. Terowongan bawah air sudah tidak ada airnya dan ruangannya pun gelap. Di bagian tengah bangunan yang terbuka, terdapat empat buah tangga dan bertemu di bagian tengah. Dari pertemuan keempat tangga tersebut terdapat satu tangga lagi yang menuju lantai dua. Hasil dari google sih ini nama-namanya dan baru tau juga. Hahaha.

berdiri di tengah tengah empat buah tangga

Di dekat taman sari situ, ada kolam renang buat para dewi-dewi keraton dahulu, duh asik kali ya berenang pas lagi panas dan sekalian berjemur gitu ceritanya. Kolam itu selalu rame didatengi pengunjung, yang dari luar kota pastinya, apalagi yang macam tur sekolah, pertamanya ngunjungin universitas2 yang ada dijogja dulu, lalu nyebur deh ke kolam dewi2 #eh #ngarep. Oh iya, disana dilarang keras untuk berenang! Apalagi kalo kau udah siap berpakaian baju renang pas mau masuk, yang ada diusir deluan sama satpamnya.

penampakan kolam sang dewi keraton
Selain sekitan keraton ini juga masih banyak wisata2 lainnya, seperti alun-alun keraton yang selalu ramai, apalagi alun-alun selatan yang terkenal dengan beringin kembarnya.
Just fyi, di Yogja banyak sekali tempat wisata yang musti kalian datangin. Termasuk wisata alam, di sekitaran Yogya ataupun di dalam kotanya. Jadi jangan pernah bosan untuk datang ke kota pelajar ini ya :D
Keep read :)

No comments:

Post a Comment