Tuesday 9 September 2014

Ngirit di Gili Trawangan [Part 3]

Kebanyakan wisatawan asing tau Indonesia dari Pulau Bali, karena keindahan alamnya yang ada disana. Tapi sekarang bukan mau ngomongin tentang pulau dewata itu. Ada lagi pulau yang sering dikunjungi sama wisatawan asing, letaknya di pulau lombok, yaitu Gili Trawangan. masih cerita tentang perjalanan saya dan teman2 ke pulau Lombok bukan cabe.

ngejar sunset gili trawangan

Hari ketiga terdampar, kami menyewa pick up untuk membawa kami ke pulau yang bisa juga disebut Bali kedua, karena banyaknya pelancong dari mancanegara berkunjung kesana. Alhamdulillah pick up sewaan didapat dengan mudahnya dari kenalan teman kami yang super mau direpotin Puput. Perjalanan dari mataram menuju arah utara, pelabuhan Bangsal, Lombok ditempuh selama 2 jaman. Kami berangkat dari jam 9 pagi dan melewati kawanan monkey di Pusuk yang bertebaran di sekitar pinggiran jalan maupun yang bergantungan dipohon. Pemandangan disana juga bikin adem, anginnya sepoi sehingga kami yang duduk didepan entah yang dibak tertidur pulaaaaas~

Di Pelabuhan bangsal, saya langsung membeli tiket kapal, karena estimasi waktu kami kurang pas, nyantai diawal, repot dibelakang. haha. tapi gak papa, God always with us, travelers, cos we do good things to enjoy and be grateful. Jadi ceritanya jam 11 baru nyampe ke pelabuhan bangsal, padahal di gili trawangan kita berencana ngikut trip snorkling yang batasnya jam 11. pada akhirnya nyampe di tempat sudah jam 12 siang. Sebenernya turun dari kapal ada yang nawarin, tapi agak mahal karena menggunakan kapal sendiri, tidak beramai-ramai dengan wisatawan lainnya. Alhasil, kita nego dan mendapatkan trip snorkling 3 gili (Gili Nangu, Gili Air, Gili Trawangan) yang murah walaupun dengan kapal sendiri :D

Eh belum kasih tau ya, di gili trawangan itu apa-apa biru, laut dan langitnya. I love blue always, pasirnya? ya putih lah, masa kudu biru juga heee. Penginapan, resort, homestay, restoran, bule-bule bertebaran disana. Saking banyaknya tempat, kami gak masuk satupun, kok bisa? baca sampai selesai makanyaa. :p

blue blue blue *mata jd biru*

Sudah snorkeling bukan berarti kita sudah senang. Jangan dulu, tunggu dulu. Mandinya gimana coy, masalahnya kita memang sudah bawa tenda dari mataram atau berencana mau ngecamp di gili trawangan. Haha, rencana memang akan mandi di mesjid agung gili trawangan, tapi lumayan bikin ngos2an, karena habis basah2an dan bawa barang, yang kasian sih yang bawa tenda hehhe.

Setelah mandi dan isoma, kami mencari tempat untuk hunting sunset sekaligus tempat buat nenda. Oke, setelah bertanya, tempatnya ada di selatan gili trawangan, dan posisi mesjid agung ada di utara gili trawangan bersebelahan dengan Gardu PLN. Sip, bawa barang, jalan kaki. Sebenarnya bisa saja kami sewa dokar disana, tapi karena ya karena modal kita ke Lombok itu hanya nekat, duit pas2an, jadi semua dijabanin aja dengan hati riang gembira. Itung2 sambil ngecengin bule2 ganteng *eh.

Kami ngecamp disebelah resort Pondok santi kalo nda salah, tempat yang sekalian pas untuk liat sunset dan sunrise. Sunset was accomplished but not about sunrise. Sunset cantik dibumbuhi pemandangan Gunung Agung Bali sedangkan sunrise ditutupi oleh Gunung Rinjani Lombok. Tapi kami tetap bersyukur atas keindahan dunia yang Allah berikan, lukisanNya gak ada yang bisa ngalahin dah pokoknya.

pasar makanan di alun-alun gili trawangan

Setiap malam, di Gili Trawangan ada pasar makanannya, jajanan tradisional sampe beer juga ada.
Kami dari selatan ke utara lagi, menuju ke alun-alun gili trawangan. Makan ikan bakar. Makan es krim gelato yang katanya homemade. Sudah itu doang sih, gak ada duit mau masuk resto. Kelihatan kerenya pada masa itu :(

Hahah makanya judulnya ngirit, yang enak2 di gili trawangan di lewatin begitu aja, Tapi walaupun ngirit, kami puas kok. Puas liatin bule2. heyaaah. Gak kok kami tetep puas dengan semuanyaa, snorkling gak ketemu penyu, snorkling gak pake fin -.-, mandi dimesjid, ngecamp, makan ikan bakar rame2, senter oki ilang (uwaa pelakunyaa), ngelewatin resto2, kodok yang ajimumpung, ibadah dibawah langit bertabur bintang, main2 blub kamera, dan lain-lain lah. Hayoh kesana lagi tapi gak pake ngecamp :D

appetizer udah, Part1, nasi udah Part2, ini bagian laukpauknya Part3. Pelengkap nasi, berwarna biru :)
untuk foto yang lainnya, klik yah --> lombokbukancabe

see yaa.
salam nekat, selamat mensyukuri hidup di dunia~